Inilah 5 Alasan Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama dari Pria

Harapan hidup di Amerika Serikat semakin tinggi. Demikian hasil penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Rata-rata untuk usia lanjut warga AS hidup hingga 78 tahun 9,5 bulan.

Ada prediksi yang mengatakan bahwa seorang anak perempuan yang lahir pada 2012 dapat berharap hidup hingga 81,2 tahun, hampir 5 tahun lebih lama dari bayi laki-laki di tahun yang sama. Anak laki-laki diperkirakan hidup hingga usia 76,4 tahun.

"Pria secara biologis dan sosiologis pada posisi yang kurang menguntungkan dari waktu mereka dikandung hingga saat mereka mati," kata Marianne Legato, profesor emerita kedokteran klinis di Columbia University College dan direktur yayasan kodekteran gender spesifik.

Berikut ini alasan wanita hidup lebih lama dari pada pria, seperti yang dirilis Health:

1. Wanita lebih tangguh dalam rahim
Dua setengah dari banyaknya laki-laki membenihkan perempuan, kata Dr Legato. Tapi mereka jauh lebih rentan terhadap infeksi prenatal atau masalah lain di dalam rahim saat mereka lahir.

"Mereka (anak laki-laki) juga lebih lambat berkembang secara fisik dibandingkan anak perempuan sebelum lahir, artinya lebih berisiko meninggal jika prematur karena paru-paru atau otak belum sempurna berkembang," ujar Legato.

2. Wanita cenderung menjadi pemberani
Cedera yang tidak disengaja adalah penyebab utama ketiga kematian pada pria, menurut CDC. Sementara untuk perempuan itu hanya penyebab yang keenam. Sekali lagi, Anda bisa menyalahkan pada biologi, di mana lobus frontal otak-yang berhubungan dengan tanggung jawab dan risiko perhitungan-berkembang jauh lebih lambat pada laki-laki daripada perempuan.

3. Wanita menyerah pada penyakit jantung
Penyakit jantung adalah pembunuh utama pria dan wanita. Tetapi pria lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung dan mati paling cepat di usia 30-an dan 40-an. Perempuan, di sisi lain, biasanya mengembangkan penyakit jantung 10 tahun kemudian dibandingkan laki-laki. Mereka dilindungi dari penyakit jantung sampai menopause, karena tubuh mereka menyimpan estrogen, yang membantu menjaga arteri kuat dan fleksibel, kata Legato.

4. Wanita memiliki jaringan sosial yang lebih kuat
Teman adalah obat yang baik. Menurut penelitian pada 2010 di Brigham Young University, orang dengan hubungan sosial yang kuat memiliki kesempatan 50 persen lebih rendah berisiko meninggal dibandingkan dengan mereka yang minim ikatan sosial.

"Kebanyakan pria cenderung menahan stres dan kekhawatiran di dada, sementara wanita cenderung berbicara dengan orang lain," ujar Legato. Penelitian lain menjelaskan bahwa pria menikah, cenderung hidup lebih sehat dan hidup lebih lama.

5. Wanita lebih memperhatikan kesehatan mereka
Pria 24 persen lebih sedikit mengunjungi dokter dalam setahun dibanding wanita. Selain itu, 22 persen pria melewatkan pengujian kolesterol daripada wanita, menurut Agency for Healthcare Research and Quality. Bahkan, lebih dari seperempat (28 persen) laki-laki tidak memiliki dokter reguler dan satu dari lima pria tidak memiliki asuransi kesehatan, menurut hasil survei Kaiser Family Foundation.

Sumber : metrotvnews.com

0 Response to "Inilah 5 Alasan Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama dari Pria"

Post a Comment