Indonesia dan Korsel Kembangkan Ekonomi Bersama


Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan menandatangani kesepakatan peningkatan pengembangan sumber daya manusia di sektor ekonomi kreatif. Nota kesepahaman ditandatangani Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan Yoo Jinryong disaksikan oleh masing-masing Kepala Negara, baru-baru ini.

Poin penting lain yang disepakati adalah pengakuan dan perlindungan terhadap pengetahuan tradisional (traditional knowledge) dan ekspresi budaya tradisional (folklore). Indonesia dan Korsel menyetujui bahwa penggunaan pengetahuan tradisional dan ekspresi budaya tradisional khususnya untuk kepentingan industri dan penambahan nilai ekonomi akan diatur secara khusus.

Mari Pangestu menyatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan momen penting untuk memajukan ekonomi kreatif kedua negara. Kolaborasi antarkedua negara yang memiliki kelebihan masing-masing di sektor ekonomi kreatif diyakini akan berdampak positif.

"Kami menyambut antusias kerja sama ini mengingat kedua negara punya kelebihan. Kelebihan Indonesia dari aspek kekayaan tradisi budaya dan kearifan lokal yang menjadi basis utama pengembangan ekonomi kreatif, sedangkan Korsel maju di bidang konten digital termasuk film, animasi, dan musik. Bila dipadukan akan menghasilkan produk kreatif yang lebih memiliki nilai tambah dan daya saing bagi kedua negara," kata Mari sebagaimana siaran pers release yang diterima Suarakary-online.com.

Menurut Mari, Korsel adalah salah satu kiblat bagi Indonesia untuk memajukan ekonomi kreatif. Pada kesempatan APEC 2013 di Bali beberapa hari lalu, Presiden Korea Selatan dalam pidatonya bahkan secara khusus menyampaikan bahwa ekonomi kreatif adalah masa depan mereka. Sementara langkah Indonesia untuk membentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2011 lalu juga dinilai sebagai langkah maju dan bukti bahwa Presiden RI memiliki visi yang kuat untuk mengembangkan ekonomi kreatif. 

0 Response to "Indonesia dan Korsel Kembangkan Ekonomi Bersama"

Post a Comment