7 Jurus Ampuh Biar Nggak Stres Kuliah


Ketika kuliah, kita harus menghadapi stres lebih banyak daripada yang kita bayangkan. Kenapa? Karena kehidupan kampus, memang "dirancang" untuk keras dan bertujuan menyaring mereka yang enggak tahan tekanan.

Sebagai mahasiswa kita mungkin harus menyeimbangkan kuliah dengan pekerjaan sampingan, menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman, mengatasi putus cinta, menghadapi kematian anggota keluarga, berantem dengan teman sekamar, dsb. Hal-hal seperti ini terjadi. Ini adalah bagian dari hidup. Dan yang paling penting adalah, bagaimana kita menanganinya.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menghalau stress, seperti dikutip dari laman Okezone.com yaitu :

1. Olahraga
Olahraga meningkatkan detak jantung dan menghasilkan endorfin alami yang membuat kita bahagia. Memainkan permainan olahraga dengan teman, pergi ke gym atau sekadar joging keliling kampus bisa membuat kita lebih fokus. Jika memungkinkan, seimbangkan dengan yoga agar pikiran kita menjadi lebih tenang. Demikian disitat dari Surviving College.

2. Teliti Teman
Tanpa kita sadari, teman bisa menjadi sumber stres. Jadi coba teliti lagi semua teman kita dan cari tahu siapa yang membuat kita sengsara. Kita punya kuasa penuh untuk "membuang" semua efek negatif dari teman. Jadi, bicarakan dengan teman dan minta dia mengubah perilaku buruknya atau sekalian saja tidak usah berteman lagi dengannya.

3. Memanjakan Diri Sendiri
Sesekali, beri reward kepada diri sendiri atas pencapaian kita. Misalnya, sebungkus coklat untuk keberhasilan kita mengerjakan tugas. Ini akan memutuskan rantai rutinitas dan me-recharge energi kita untuk tantangan berikutnya.

4. Makan dengan Baik
Sering kali, stres disebabkan oleh makanan yang kita buat. Misalnya, jika kita makan banyak junk food, maka berat badan kita cenderung akan langsung naik, dan kita pun akan khawatir dengan kesehatan fisik kita. Jadi, makanlah makanan yang sehat dan hindari makanan yang akan "meracuni" tubuh dan pikiran kita.

5. Atur Waktu
Buat rencana pekerjaan harian, mingguan dan bulanan. Tentu saja, kita bisa mengubah rencana tersebut sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Tetapi, agenda ini akan menjadi pegangan tentang apa yang harus kita capai. Jangan andalkan otak untuk mengingat semuanya karena bisa jadi otak akan gagal melakukannya.

6. Tidur
Jika kita mengatur waktu dengan baik, maka kita akan dapat tidur dengan baik pula. Hindari begadang. Ambil sebanyak mungkin waktu tidur, termasuk tidur siang.

7. Bergabung dengan Klub
Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan membuat kita memiliki banyak teman baru. Keuntungan lainnya, kita bisa menjauh sejenak dari kegiatan sekolah dan mendedikasikan waktu untuk kegiatan di luar perkuliahan.

8. Curhat
Berbagilah dengan teman, keluarga, pacar, senior atau konselor di kampus tentang apa yang sedang mengganggu pikiranmu.

0 Response to "7 Jurus Ampuh Biar Nggak Stres Kuliah"

Post a Comment