10 Gejala Pikun Pada Usia Muda


Waspadai demensia alzheimer, proses penyakit yang ditandai menurunnya fungsi otak alias pikun. Gangguan ini berlangsung progresif, mengakibatkan gangguan berpikir, mengingat, mental, emosi dan perilaku.

Sayangnya, masyarakat Indonesia kerap abai dengan gangguan ini karena dianggap wajar menimpa lansia. Padahal, gangguan yang membuat aktivitas sehari-hari terganggu ini juga bisa menimpa manusia muda usia.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Gufron Mukti, pada acara Memory Walk Alzhemiers, di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, belum lama ini berpesan pada peserta agar mensosialisasikan pola hidup sehat kepada keluarga dan masyarakat luas, jangan memaklumi kepikunan dan mengenali gejalanya.
Berikut 10 gejala pikun dikutip dari cyberman.cbn.net.id, yaitu :

1. Gangguan daya ingat, sering lupa kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, dan lupa tempat parkir dimana.

2. Sulit fokus, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit melakukan kegiatan familiar, sulit merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan.

4. Disorientasi, bingung akan tanggal, hari-hari penting, bingung dimana mereka berada dan bagaimana mereka sampai disana, tidak tahu jalan kembali ke rumah.

5. Sulitan memahami visuospasial, sulit membaca, mengukur jarak, membedakan warna, membedakan sendok/garpu, tidak mengenali wajah sendiri dicermin, menabrak cermin, menuangkan air digelas namun tumpah atau tidak tepat penuangannya.

6. Gangguan berkomunikasi, kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat untuk menjelaskan suatu benda, seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya dan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan, sulit berbicara dan mencari kata yang tepat untuk menjelaskan suatu benda, seringkali berhenti ditengah jalan dan sulit untuk melanjutkan kembali.

9. Menarik diri dari pergaulan, tidak memiliki semangat ataupun inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobby yang biasa dinikmati, tidak terlalu semangat untuk pergi bersosialisasi.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian, emosi berubah drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yangberlebihan pada anggota keluarga, mudah kecewa, marah dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

0 Response to "10 Gejala Pikun Pada Usia Muda"

Post a Comment